Lainnya
Notifications
Translate Page

Apakah Aman Makan Daging Kambing bagi Ibu Hamil dan Menyusui?

Daging kambing kerap menjadi makanan favorit banyak orang, tetapi banyak yang ragu untuk mengonsumsinya karena khawatir akan meningkatkan kadar kolesterol dan memicu hipertensi. Namun, bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui? Apakah aman bagi mereka untuk makan daging kambing?

Apakah Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Makan Daging Kambing?

Manfaat Kesehatan dan Risiko Makan Daging Kambing untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Dalam konteks ini, Ahli Gizi dari Universitas Diponegoro, Fahmy Arif Tsani, menjelaskan bahwa kandungan protein hewani yang terdapat dalam daging kambing sangat baik untuk ibu hamil dan pertumbuhan janin. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan protein ekstra untuk mendukung pertumbuhan janin dan menyusui. Oleh karena itu, mengonsumsi daging kambing dengan jumlah yang wajar sangat dianjurkan.

Fahmy menjelaskan bahwa daging sapi dan kambing memiliki manfaat kalori dan zat gizi yang baik. Dalam hal kalori, 100 gram daging sapi mengandung sekitar 200 kalori, sedangkan daging kambing hanya sekitar 150 kalori. Dengan demikian, daging kambing memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi. Selain itu, kandungan lemak dalam daging kambing juga lebih sedikit dibandingkan daging sapi.

Penting untuk dicatat bahwa sering terjadi miskomunikasi di masyarakat mengenai hal ini. Meskipun kandungan lemak dalam daging kambing lebih rendah daripada daging sapi, kedua jenis daging ini sama-sama merupakan sumber protein yang baik. Daging kambing mengandung sekitar 16 gram protein per 100 gram, sementara daging sapi mengandung sekitar 18 gram protein per 100 gram.

Namun, meskipun daging dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengolahan daging tersebut. Misalnya, daging kambing yang dimasak dalam bentuk gulai sebaiknya dikonsumsi dalam porsi yang terbatas atau sate dengan bumbu yang tidak terlalu manis. Masalahnya terletak pada penggunaan bumbu yang berlebihan, seperti garam, gula, dan minyak, yang dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Fahmy menekankan bahwa daging memiliki kandungan protein tinggi namun minim serat. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan asupan serat, disarankan untuk mengimbangi konsumsi daging dengan sayuran dan buah-buahan sebagai sumber serat.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas apakah aman bagi ibu hamil dan menyusui untuk mengonsumsi daging kambing. Ahli gizi menegaskan bahwa daging kambing memiliki manfaat kesehatan yang baik karena kandungan proteinnya yang tinggi. Namun, perlu diingat bahwa pengolahan daging dan penggunaan bumbu harus diperhatikan agar tetap sehat dan mengurangi risiko kesehatan, terutama terkait dengan hipertensi. Dengan memperhatikan jumlah dan jenis daging yang dikonsumsi, ibu hamil dan menyusui dapat menikmati manfaat kesehatan dari daging kambing tanpa mengkhawatirkan dampak negatifnya.

Ikuti Sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru dari Kang Santri:
Halaman:

1 2 
Posting Komentar