Lainnya
Notifications
Translate Page

Doa Minum Air Zamzam: Keutamaan dan Manfaat Spiritualnya

do'a, do'a minum air zamzam


Doa Minum Air Zamzam: Keutamaan dan Manfaat Spiritualnya

Air Zamzam adalah air yang berasal dari sumur Zamzam di Mekah, Arab Saudi. Air ini memiliki makna dan keistimewaan spiritual bagi umat Muslim. Minum air Zamzam tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga mempunyai makna religius yang dalam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keutamaan dan manfaat spiritual dari doa minum air Zamzam.Jamaah haji dianjurkan membaca doa minum air zamzam sebagai berikut. Setelah membaca doa ini, jamaah haji membaca basmalah, meminum air zamzam dengan tiga kali teguk, dan bernafas di tengah tegukan.

Adapun doa minum air zamzam adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إنَّهُ قَدْ بَلَغَنِي عَنْ نَبِيِّك أَنَّهُ قَالَ مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ، وَأَنَا أَشْرَبُهُ لِسَعَادَةِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ، فَافْعَلْ

Allāhumma innahū qad balaghanī ‘an nabiyyika annahū qāla, ‘mā’u zamzama li mā syuriba lah,’ wa anā asyrabuhū li sa‘ādatid duniyā wal ākhirah. Allāhumma faf‘al.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sungguh telah sampai padaku hadits dari nabi-Mu, ia bersabda, ‘Air zamzam bermanfaat sesuai tujuan diminumnya,’ (HR Ahmad, Al-Hakim, dan Ad-Daruqutni) dan aku meminumnya untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ya Allah, terimalah,”(Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Bujairimi alal Iqna‘, [Beirut, Darul Fikr: 2006 M/1426-1427 H], juz II, halaman 447).

Keutamaan Doa Minum Air Zamzam

Doa minum air Zamzam memiliki keutamaan yang tinggi dalam agama Islam. Rasulullah SAW bersabda, "Air Zamzam itu minuman yang penuh berkah, dan menjadi makanan yang memenuhi." Keutamaan ini menunjukkan bahwa air Zamzam adalah air yang diberkahi dan mempunyai kekuatan untuk memberikan kepuasan dan nutrisi yang cukup.

Manfaat Spiritual Minum Air Zamzam

1. Menguatkan Keimanan dan Ketakwaan

Minum air Zamzam dengan penuh kesadaran dan keyakinan akan membantu memperkuat keimanan dan ketakwaan seseorang. Kehadiran air yang berasal dari tempat suci seperti Zamzam memberikan dorongan spiritual yang mendalam, mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT dan keajaiban penciptaan-Nya.

2. Menyucikan Hati dan Pikiran

Air Zamzam dianggap memiliki sifat penyucian. Minum air ini dengan niat yang ikhlas dapat membantu menyucikan hati dan pikiran dari kotoran spiritual dan negatif. Ini membantu menciptakan keadaan jiwa yang bersih dan tenang, yang penting dalam memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

3. Mendapatkan Ketenangan dan Kedamaian Batin

Air Zamzam memiliki efek menenangkan pada jiwa yang gelisah. Minum air ini dengan menghadirkan kesadaran dan konsentrasi dapat membantu mendapatkan ketenangan dan kedamaian batin. Ini sangat bermanfaat dalam menghadapi stres dan tantangan kehidupan sehari-hari.

4. Memohon Kebaikan dan Berkah

Doa minum air Zamzam adalah momen yang tepat untuk memohon kebaikan dan berkah dari Allah SWT. Dalam setiap tegukan air Zamzam, kita dapat merenungkan keinginan-keinginan baik yang kita harapkan dalam hidup ini. Dengan keyakinan dan ketulusan, doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Minum air Zamzam adalah sebuah amalan yang memiliki keutamaan dan manfaat spiritual yang besar. Dengan menyadari dan menghargai makna dari air ini, kita dapat memperoleh manfaat spiritual yang mendalam. Melalui doa minum air Zamzam, kita dapat memperkuat iman, menyucikan hati dan pikiran, serta mendapatkan ketenangan dan kedamaian batin.


Sumber: Nu Online

Ikuti Sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru dari Kang Santri:
Posting Komentar