Lainnya
Notifications
Translate Page

Menteri Investasi Mendorong Pendirian Fasilitas Pengujian Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Menteri Investasi, pengujian baterai kendaraan listrik, ekosistem EV, kolaborasi keamanan keberlanjutan

Menteri Investasi Mendorong Pendirian Fasilitas Pengujian Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, mengajak perusahaan global bidang sertifikasi dan pengujian perangkat lunak untuk mendirikan fasilitas pengujian baterai di Indonesia. Permintaan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang aman, keselamatan pengguna, dan berkontribusi dalam penekanan emisi karbon. Artikel ini menjelaskan upaya Pemerintah Indonesia dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik dan kolaborasi dengan UL Solutions untuk menciptakan keberlanjutan dalam industri ini.

Pemerintah Indonesia terus mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang berkualitas dan berkelanjutan. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan meminta perusahaan global bidang sertifikasi dan pengujian perangkat lunak untuk mendirikan fasilitas pengujian baterai di Indonesia. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, menyampaikan permintaan ini saat bertemu dengan Todd Denison, Presiden Internasional UL Solutions, di Amerika Serikat pada Senin (26/6/2023).

Meningkatnya permintaan kendaraan listrik di Indonesia menjadi faktor utama di balik permintaan ini. Bahlil mengungkapkan keyakinannya bahwa permintaan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia ingin memastikan adanya kendaraan listrik yang aman dan mengutamakan keselamatan bagi para pengguna.

Todd Denison, Presiden Internasional UL Solutions, juga menyambut baik upaya Pemerintah Indonesia dan berharap dapat menjalin kolaborasi dengan UL Solutions untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang aman dan berfokus pada keselamatan. Todd juga menyoroti pentingnya menciptakan ekosistem baterai kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon di bumi.

Indonesia memiliki potensi pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang menjanjikan, sebagaimana halnya di Amerika Serikat dengan adanya komitmen penggunaan energi bersih dan instruksi pengurangan emisi. Saat ini, fasilitas pengujian baterai di Asia baru ada di China. Namun, UL Solutions akan mempelajari lebih lanjut potensi pendirian fasilitas pengujian baterai di Indonesia.

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Investasi/BKPM, terus mendorong terciptanya ekosistem baterai kendaraan listrik dengan memberikan kemudahan izin usaha bagi investor yang ingin berinvestasi di sektor ini. Menteri Investasi percaya bahwa kemajuan teknologi harus selalu diiringi dengan keamanan bagi para penggunanya. Pertemuan ini diharapkan dapat berkembang menjadi tahap yang lebih serius untuk membahas komitmen kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan UL Solutions.

Investasi Amerika Serikat di Indonesia juga telah memberikan kontribusi signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Selama periode 2018 hingga triwulan pertama 2023, investasi Amerika Serikat di Indonesia mencapai 9,4 miliar Dolar AS. Sektor pertambangan mendominasi investasi tersebut dengan 74 persen, sementara sisanya 26 persen berada di sektor-sektor seperti jasa lainnya, listrik, gas, air, kimia, farmasi, industri makanan, hotel, dan restoran.

Dengan adanya kolaborasi antara Pemerintah Indonesia dan perusahaan global bidang sertifikasi dan pengujian perangkat lunak seperti UL Solutions, diharapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif dalam mengurangi emisi karbon serta menciptakan kendaraan listrik yang aman dan berkualitas bagi masyarakat

Sumber: suarasurabaya

Kang Santri
Saya adalah seorang ahli SEO dengan minat dalam keagamaan, kesehatan, teknologi, gadget, dan keuangan. Sebagai ahli SEO, saya memiliki pengetahuan tentang strategi dan teknik untuk meningkatkan visibilitas situs web saya. Minat saya terhadap keagamaan menunjukkan kedalaman spiritual dan keinginan saya untuk memahami aspek tinggi kehidupan. Saya peduli dengan kesejahteraan fisik dan mental serta tertarik pada teknologi dan gadget terbaru. Saya juga mengakui pentingnya pengelolaan keuangan yang bijaksana. Kombinasi minat saya mencerminkan hasrat holistik akan pengetahuan dan pemahaman.
Posting Komentar