Lainnya
Notifications
Translate Page

7 Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur, Apa Kamu Juga Melakukannya?


Menjadi Sukses Dimulai dari Kebiasaan Sebelum Tidur

Kesuksesan tidak terjadi secara kebetulan; itu adalah hasil dari kebiasaan yang tepat dan konsisten. Bagaimana seseorang menghabiskan waktu sebelum tidur dapat memiliki dampak besar pada produktivitas dan kesuksesan mereka. Dalam artikel ini, kita akan melihat enam kebiasaan penting yang dilakukan oleh orang-orang sukses sebelum tidur. Mari simak lebih lanjut!


1. Merenung dan Merencanakan Esok Hari

Sebelum beranjak tidur, orang sukses cenderung meluangkan waktu untuk merenung tentang apa yang telah mereka capai hari ini dan merencanakan tindakan apa yang perlu diambil besok. Dengan merenung, mereka dapat belajar dari pengalaman mereka dan mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut. Merencanakan esok hari juga membantu mereka tetap fokus dan terorganisir.


2. Membaca Buku atau Materi Inspiratif

Membaca buku atau materi yang menginspirasi sebelum tidur dapat merangsang pikiran dan memberikan wawasan baru. Orang sukses sering kali mencari pengetahuan dan inspirasi dari berbagai sumber. Kebiasaan ini tidak hanya memungkinkan mereka untuk terus belajar, tetapi juga membantu mereka menjaga kreativitas dan semangat juang.


3. Melakukan Latihan Relaksasi atau Meditasi

Menghadapi tekanan dan tuntutan dalam kehidupan sehari-hari, orang sukses menghargai pentingnya keseimbangan mental. Sebelum tidur, mereka sering melakukan latihan relaksasi atau meditasi untuk menenangkan pikiran mereka. Ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur mereka, sehingga mereka dapat bangun dengan segar dan siap menghadapi tantangan baru.


4. Menulis Jurnal

Menulis jurnal adalah kebiasaan lain yang sering dilakukan oleh orang sukses. Mereka mencatat pencapaian, ide, dan refleksi pribadi mereka dalam jurnal. Ini tidak hanya membantu mereka melacak perkembangan pribadi mereka, tetapi juga menjadi wadah untuk mengeluarkan pikiran dan perasaan yang mungkin sulit diungkapkan secara verbal.


 5. Menyusun Rencana Pendek dan Panjang

Sebelum tidur, orang sukses cenderung membuat rencana pendek dan panjang. Rencana pendek adalah tindakan konkret yang perlu diambil dalam waktu dekat, sementara rencana panjang melibatkan tujuan jangka panjang dan langkah-langkah strategis untuk mencapainya. Dengan memiliki rencana yang jelas, mereka memiliki panduan yang kuat untuk mencapai impian mereka.


6. Mematikan Gadget

Cahaya biru dari gadget faktanya meniru kecerahan matahari, sehingga dapat memberi tahu otak untuk berhenti memproduksi melatonin, hormon penting yang mengatur ritme sirkadian dan memberi tahu tubuh kapan waktunya bangun dan waktunya tidur. Cahaya gadget tidak hanya menyebabkan kurang tidur, tetapi juga masalah penglihatan, kanker, dan depresi.


Michael Woodward, Ph.D., psikolog organisasi dan penulis mengatakan, seseorang perlu menyelesaikan apapun di gadgetnya sekitar setengah jam sebelum tidur dan kemudian bersiap untuk tidur ketika selesai dengan meninggalkan semua gadget.


7. Menjaga Kebersihan

National Sleep Foundation merekomendasikan kita untuk membuat kebiasaan menjaga kebersihan yang mengirimkan sinyal psikologis bahwa tubuh bersiap untuk tidur. Kebiasaan ini bisa termasuk menyikat gigi, mencuci muka, membersihkan gigi, menyisir rambut. Bahkan, penulis terkenal Amerika, Stephen King memiliki rutinitas malam yakni mencuci tangannya dan memastikan semua bantal menghadap ke arah tertentu.



Menjadi sukses tidak hanya tentang kerja keras di siang hari, tetapi juga tentang kebiasaan yang dijalankan sebelum tidur. Orang sukses tahu pentingnya merenung, belajar, dan merencanakan sebelum beristirahat. Dengan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan ini, kamu dapat mempersiapkan diri untuk hari yang produktif dan penuh prestasi. Mulailah dengan langkah kecil, dan seiring waktu, kebiasaan-kebiasaan ini akan membantu kamu mencapai kesuksesan yang kamu dambakan.

Posting Komentar